Tujuan
- Tujuan Jangka Pendek
-
- Melakukan asessment (diagnostik, formatif, dan sumatif).
- Melatih peserta didik mandiri dalam beraktivitas.
- Melatih peserta didik peduli terhadap lingkungan sosial dan budaya.
- Melatih kedisiplinan peserta didik dalam kebersihan lingkungan dan cinta tanah air.
- Melakukan pembiasaan yang bersifat positif sehingga menjauhkan peserta didik dari perundungan.
- Melakukan pembiasaan dalam kegiatan keagamaan sehari-hari.
- Melaksanakan pembelajaran yang me MERDEKA kan.
- Mengembangkan kreativitas peserta didik sesuai kemampuan.
- Selalu mengingatkan peserta didik dalam menjaga protokol kesehatan.
- Peserta didik dapat berpartisipasi dalam kegiatan lomba, kegiatan kemasyarakatan di lingkungan rumah dan sekolah.
- Tujuan Jangka Menengah
-
- Menghasilkan lulusan yang memiliki mental sebagai pelajar yang berakhlak mulia..
- Menghormati toleransi kehidupan beragama.
- Membentuk peserta didik yang peduli terhadap lingkungan, sosial dan budaya daerah
- Melakukan kemandirian dalam melaksanakan maupun di rumah untuk melatih kemandirian.
- Menghasilkan keterampilan dasar untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya sebagai modal pengembangan bakat yang dimiliknya (Olahraga, Keterampilan dan Vokasional).
- Tujuan Jangka Panjang
Untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar bagi anak berkebutuhan khusus sesuai dengan pasal 33 UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tujuan pendidikan khusus yaitu membantu peserta didik yang memiliki tentang kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik mental sosial agar mampu mengembangkan sikap pengetahuan dan keterampilan sebagai pribadi maupun anggota masyrakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial budaya dan alam sekitar serta dapat mengembangkan kemampuan dalam dunia kerja atau mengikuti pendidikan lanjutan.
SLBN 2 Centra PK-PLK Kota Cimahi bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memberdayakan anak berkebutuhan khusus yaitu untuk dapat mengembangkan bakat dan potensi yang dimilikinya, menciptakan profil pelajar Pancasila pada peserta didik yang bersikap mandiri dan percaya diri untuk mencapai kemampuan yang diharapkan, dan menggali kemampuan peserta didik agar unggul dalam bidang non-akademik ( vokasional, keterampilan, olah raga dan seni).